Berkah Ramadhan Al-Furqon Al-Islami 1441 H

 بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين 
أما بعد
اللهم بلغنا برمضان


Tidak terasa sebentar lagi bulan yang penuh barokah akan segera datang, banyak sekali amalan amalan yang bisa kita raih pada bulan yang didalam nya banyak dilipat gandakan pahala. Namun pada hari-hari ini kita akan menjumpai bulan ramadhan yang tidak seperti sebelum-sebelumnya. Kita mungkin tidak akan mendapati masjid yang ramai dengan kegiatan peribadahan kepada Allah subahanahu wa ta'alaa, tidak akan menemui jalanan yang ramai menjelang buka dimana para muhsinin membagikan ifthar kepada kaum muslimin yang berpuasa. Hal tersebut dikarenakan himbauan dari Pemerintah dalam menangani bencana yang menimpa kita yaitu merebaknya wabah covid-19. 

Namun hal tersebut tentunya bukan menjadi halangan bagi kita kaum muslimin untuk memanfaatkan bulan yang mulia ini dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat yang bernilai pahala di sisi Allah subhanahu wa ta'alaa. 

Berikut ini adalah program-program yang insyaAllah akan dilaksanakan oleh Ponpes Al-Furqon Al-Islami : 

1. Kajian Ilmiah Online

2. Dauroh Bahasa Arab Online

3. Paket Sembako untuk Janda & Faqir Miskin Terdampak

4. Paket Ifthar Puasa

5. Pembagian Masker & Sanitizer

6. Pembagian Buku Gratis Tentang Panduan Agama Islam Terhadap Corona

7. Penyaluran Zakat Infaq dan Sedekah kepada yang berhak


Mari di momen yang baik dan kesempatan emas ini, kita saling taawun satu sama lain lebih-lebih di tengah wabah corona ini kita manfaatkan dengan baik untuk meraih kesempatan mendapatkan banyak sekali keutamaan dan fadhilah di bulan romadhan yang penuh berkah, diantara nya : 

1. Bulan Ramadhan adalah waktu yang mulia dan pahala berlipat ganda pada bulan tersebut.

2. Rajin berderma pada bulan Ramadhan berarti membantu orang yang berpuasa, orang yang melakukan shalat malam dan orang yang berdzikir supaya mereka mudah dalam beramal. Orang yang membantu di sini akan mendapatkan pahala seperti pahala mereka yang beramal. Sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan keutamaan orang yang memberi makan buka puasa,

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192, dari Zaid bin Khalid Al-Juhani. At-Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

3. Di bulan Ramadhan, Allah juga berderma dengan memberikan rahmat, ampunan dan pembebasan dari api neraka, lebih-lebih lagi di malam Lailatul Qadar.

4. Menggabungkan antara puasa dan sedekah adalah sebab seseorang dimudahkan masuk surga. Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut,

عَنْ عَلِىٍّ قَالَ قَالَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ فِى الْجَنَّةِ غُرَفًا تُرَى ظُهُورُهَا مِنْ بُطُونِهَا وَبُطُونُهَا مِنْ ظُهُورِهَا ». فَقَامَ أَعْرَابِىٌّ فَقَالَ لِمَنْ هِىَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ : لِمَنْ أَطَابَ الْكَلاَمَ وَأَطْعَمَ الطَّعَامَ وَأَدَامَ الصِّيَامَ وَصَلَّى لِلَّهِ بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ

Dari ‘Ali, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya di surga ada kamar yang luarnya bisa dilihat dari dalamnya dan dalamnya bisa dilihat dari luarnya.” Lantas orang Arab Badui ketika mendengar hal itu langsung berdiri dan berkata, “Untuk siapa keistimewaan-keistimewaan tersebut, wahai Rasulullah?” Beliau bersabda, “Itu disediakan bagi orang yang berkata yang baik, memberi makan (kepada orang yang butuh), rajin berpuasa, dan melakukan shalat di malam hari ketika manusia terlelap tidur.” (HR. Tirmidzi no. 1984 dan Ahmad 1: 155. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Kata Ibnu Rajab Al Hambali, sifat-sifat yang disebutkan di atas semuanya terkumpul di bulan Ramadhan. Karena orang beriman akan mengumpulkan pada dirinya amalan puasa, shalat malam, sedekah dan berkata yang baik di mana ketika berpuasa dilarang berkata kotor dan sia-sia. Lihat Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 298.

5. Menggabungkan antara sedekah dan puasa adalah sebab kemudahan meraih ampunan dosa dan selamat dari siksa neraka. Lebih-lebih jika kedua amalan tersebut ditambah dengan amalan shalat malam.

Disebutkan bahwa puasa adalah tameng (pelindung) dari siksa neraka,

الصِّيَامُ جُنَّةٌ مِنَ النَّارِ كَجُنَّةِ أَحَدِكُمْ مِنَ الْقِتَالِ

Puasa adalah pelindung dari neraka seperti tameng salah seorang dari kalian ketika ingin berlindung dari pembunuhan.” (HR. Ibnu Majah no. 1639 dan An Nasai no. 2232. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Mengenai sedekah dan shalat malam disebutkan dalam hadits,

وَالصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ وَصَلاَةُ الرَّجُلِ مِنْ جَوْفِ اللَّيْلِ

Sedekah itu memadamkan dosa sebagaimana api dapat dipadamkan dengan air, begitu pula shalat seseorang selepas tengah malam.” (HR. Tirmidzi no. 2616 dan Ibnu Majah no. 3973. Abu Isa At-Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

6. Dalam puasa pasti ada cacat dan kekurangan, sedekah itulah yang menutupi kekurangan tersebut. Oleh karenanya di akhir Ramadhan, kaum muslimin disyari’atkan menunaikan zakat fitrah. Tujuannya adalah menyucikan orang yang berpuasa. Disebutkan dalam hadits, Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata,

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa dari kata-kata yang sia-sia dan dari kata-kata kotor, juga untuk memberi makan kepada orang miskin.” (HR. Abu Daud no. 1609 dan Ibnu Majah no. 1827. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

7- Disyari’atkan banyak berderma ketika puasa seperti saat memberi makan buka puasa adalah supaya orang kaya dapat merasakan orang yang biasa menderita lapar sehingga mereka pun dapat membantu orang yang sedang kelaparan. 

Yang dicontohkan oleh para Ulama yaitu Syafi’i rahimahullah berkata, “Aku sangat senang ketika melihat ada yang bertambah semangat mengulurkan tangan membantu orang lain di bulan Ramadhan karena meneladani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, juga karena manusia saat puasa sangat-sangat membutuhkan bantuan di mana mereka telah tersibukkan dengan puasa dan shalat sehingga sulit untuk mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Maka kami mengajak kepada segenap kaum muslimin yang diberikan kelonggaran rizki untuk ikut taawun mendonasikan sebagian hartanya dalam kegiatan selama bulan romadhon di ponpes Alfurqon Al Islamy.

Semoga Allah segera angkat wabah ini dan memberikan rahmat dan barokahnya kepad akita semua. 


Adapun anggaran yang dibutuhkan adalah sebesar Rp. 100.000.000,00 (Seratus Juta Rupiah)


Donasi bisa Anda salurkan melalui rekening berikut : 

Rekening Da'wah & Sosial Pondok Pesantren Al-Furqon Sidayu Gresik

BNI Syariah (Kode : 427) 0476-2930-17 an. Muhammad Yusuf


Format konfirmasi : #nama#alamat#jumlah#BerkahRamadhan#

Konfirmasi Donasi : (WhatsApp/SMS) 0812-3490-1747

blog
Progress Donasi
139.47%
  • Target: 100,000,000.00
  • Tercapai: 139,473,500.00
Rincian Donasi Masuk
Kegiatan kami lainnya
blog
Tebar Buku Panduan Islam Menykapi Wabah Corona
23.80%
  • Target: 10,000,000.00
  • Tercapai: 2,380,000.00
Selengkapnya
blog
Donasi Dampak Wabah Covid-19
123.41%
  • Target: 45,000,000.00
  • Tercapai: 55,532,779.00
Selengkapnya
blog
Donasi Dampak Wabah Covid-19 Tahap 2
49.14%
  • Target: 50,000,000.00
  • Tercapai: 24,570,228.00
Selengkapnya
blog
Berkah Ramadhan Al-Furqon Al-Islamy 1441 H Tahap 2
66.98%
  • Target: 100,000,000.00
  • Tercapai: 66,977,066.00
Selengkapnya